Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10
I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menan yakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 ,2 dan 3
II. Indikator :
Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa
Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 , 2 dan 3
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka
1 ,2 dan 3
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Kalimat menyapa dan mengenal angka 1 ,2 dan 3
V. Metode Pembelajaran : tanya jawab, diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
b. Kegiatan Inti
Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
Siswa mengenal angka 1,2 dan 3
Siswa melafalkan angka 1,2 dan 3
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unti 1 hal 1
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10
I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menanyakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6
dan nama - nama warna
II. Indikator :
Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa
Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6
Dapat mengetahui nama-nama mainan dan menghubungkannya dengan warna-warna yang telah mereka pelajari
Dapat menghitung jumlah benda
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka 1
sampai 6 serta menyebutkan nama-nama mainan dan menghu- bungkannya dengan warna-warna yang telah mereka pelajari
IV. Materi Ajar (Materi Pokok)
Kalimat menyapa sederhana
Mengenal angka 1 sampai 6
Mengenal nama - nama mainan
Mengenal nama- nama warna
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab,
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
b. Kegiatan Inti
Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
Siswa mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6
Siswa menyebutkan nama – nama mainan
Siswa menyebutkan nama-nama warna pada picture cards yang telah mereka pelajari
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unit 2 hal 17
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
3. Mewarnai gambar
Instrumen :
Picture Cards
Cassette Learning By Doing
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10 dan mengidentifikasikan nama –
nama warna dan nama - nama benda
I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menanyakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10
dan menyebutkan nama - nama warna dan benda
II. Indikator :
Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa
Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10
Dapat mengetahui nama-nama benda yang sering mereka temui disekitarnya
Dapat mengetahui nama - nama warna, menunjukan, melafalkan dan menuliskannya
dengan benar
Dapat bermain tebak warna menggunakan kartu gambar ( Picture Cards )
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka 1
sampai 10 serta menyebutkan nama - nama benda yang sering
mereka temui disekitarnya
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Kalimat menyapa dan mengenal angka 1 sampai 10
Nama - nama warna dan nama - nama benda yang sering mereka temui disekitar
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
Siswa mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10
Siswa mewarnai gambar sesuai perintah
Siswa menjodohkan gambar dengan warna
Tebak gambar dan warna menggunakan Picture Cards
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unit 3 hal 31
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Cassette
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan nama-nama makanan dan minuman
serta menyebutkan angka 13 sampai 20 dan mengerjakan soal
aritmetika sederhana
I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan ÿÿ ÿÿ
dapat menyebutkan kata - kata baru yang berhubungan dengan tema
serta membaca kalimat sederhana
II. Indikator :
Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
Dapat melengkapi kalimat
Dapat membaca kalimat sederhana
Dapat mengetahui nama-nama benda yang sering mereka temui disekitarnya
Dapat menyebutkan kata-kata baru yang berhubungan dengan tema
Dapat melengkapi kalimat dalam bentuk Simple Present Tense
Dapat menyebutkan angka 13 sampai 20
Dapat mengerjakan soal aritmatika
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka
13 sampai 20 serta melengkapi kalimat dalam bentuk simple
present tense
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Sapaan ketika berjumpa
Nama - nama makanan dan minuman
Waktu – waktu makan
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
Siswa mengenal , melafalkan dan menuliskan angka 13 sampai 20
Siswa menjodohkan gambar makanan dengan namanya
Siswa melengkapi kalimat dengan kata sesuai gambar
Mewarnai gambar sesuai perintah
Bernyanyi
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 1 hal 1
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
VIII. Penilaian
Teknik :Tanya jawab
Bentuk :1. Lisan; 2. Tulisan
Instrumen :Picture Cards; Cassette
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat bertanya jawab tentang makanan dan minuman kesukaan mereka
Dan mampu membaca teks sederhana
I. Kompetensi Dasar : Menceritakan kebiasaan makan dan minum pada waktu tertentu
Serta mampu melakukan tanya jawab
II. Indikator :
Dapat membaca tehs sederhana
Bertanyajawab tentang makan dan minuman kesukaan mereka
Dapat mewarnai gambar berdasarkan teks yang tersedia
Dapat menjelaskan teks yang berhubungan dengan warna
Dapat menjodohkan pertanyaan dengan jawaban
Dapat menuliskan alfabet
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat bertanya jawab tentang makanan dan
minuman kesukaan mereka serta menjelaskan teks yang
berhubungan dengan warna
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Warna dan nama pakaian
Nama makanan dan minuman
Pernyataan pendek dengan kata bantu
Menyatakan kepemilikan
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa menyimak dan menirukan
Siswa menceritakan kebiasaan makan dan minum pada waktu tertentu
Siswa menjodohkan gambar makanan dengan namanya
Siswa melengkapi kalimat dengan kata sesuai gambar
Mewarnai gambar sesuai perintah
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 2 hal 25
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
Crayon, pensil gambar dan spidol
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Cassette
Krayon, pensil warna, spidol
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat menyebutkan nama – nama binatang peliharaan dan
menyanyikan lagu yang berhubungan dengan tema
I. Kompetensi Dasar : Menyebutkan dan menuliskan nama – nama binatang peliharaan
dan menjawab pertanyaan sederhana
II. Indikator :
Dapat melengkapi kalimat
Dapat menyebutkan dan menuliskan nama – nama binatang peliharaan
Dapat mewarnai gambar binatang
Dapat menyanyikan lagu yang berhubungan dengan tema
Dapat menjodohkan gambar binatang dengan gambar kandangnya
Dapat menyelesaikan teka – teki kata
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat menyebutkan nama – nama binatang
peliharaan dan menjawab pertanyaan sederhana
IV. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
Warna – warna binatang peliharaan
Nama - nama kandang binatang peliharaan
Melafalkan angka 21 sampai 30
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa melengkapi kalimat
Siswa menyimak dan menirukan
Siswa menuliskan kata – kata dan angka
Siswa membaca keras
Siswa menjodohkan latihan soal
Siswa memilih jawaban dengan member tanda ( )
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 3 hal 37
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
Crayon, pensil gambar dan spidol
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Cassette
Krayon, pensil warna, spidol
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat mengenal dan menyebutkan nama – nama tempat umum
serta menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana
I. Kompetensi Dasar : Menyebutkan tempat – tempat umum dan menggunakan kata sifat
Serta mampu menyebutkan panggilan untuk anggota keluarga
II. Indikator :
Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
Dapat menyebutkan nama – nama binatang
Dapat menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana
Dapat menyebutkan panggilan untuk anggota keluarga
Dapat mengenal angka 20 sampai dengan 100
Dapat mengurutkan gambar kegiatan dan angka
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat mengenal tempat – tempat umum dan
menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana serta
melafalkan angka 20 sampai 100.
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Ragam tempat – tempat umum 1
Nama - nama binatang di Kebun Binatang
Kata sifat Big, Small, Old dan young
Teks nama anggota keluarga
Angka puluhan
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa melengkapi kalimat sederhana
Siswa menyimak dan menirukan
Siswa mengeja
Siswa membaca nyaring
Siswa menjodohkan gambar dan kata
Siswa menyusun gambar dan angka
Siswa bernyanyi sesuai tema
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 1 hal 1
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Cassette
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat mengucapkan kata selamat kepada temannya pada hari – hari
spesial serta dapat bertanya jawab mengenai nama–nama tempat umum
I. Kompetensi Dasar : Mampu mendeskripsikan mengenai hari – hari spesial
II. Indikator :
Dapat mengucapkan ucapan selamat ualng tahun pada temannya
Dapat memahami teks mengenai special Days
Dapat mengenal kata – kata benda yang berhubungan dengan pesta ulang tahun
Dapat mengucapkan ucapan selamat hari raya pada temannya
Dapat bertanya jawab mengenai nama – nama tempat
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat memahami teks mengenai special
days dan mengenal kata benda yang berhubungan dengan
pesta ulang tahun serta melakukan tanya jawab mengenai
nama – nama tempat
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Acara ulang tahun
Nama benda untuk ulang tahun
Lagu Happy Birthday
Nama hari besar dan tempat ibadah
Nama – nama tempat umum 2
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa menyimak dan menirukan
Siswa melakukan percakapan sederhana
Siswa membaca teks sederhana
Siswa membaca nyaring
Siswa menjodohkan gambar dan kata
Siswa melengkapi dan menulis kata
Siswa bernyanyi sesuai tema
Siswa mewarnai gambar
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 2 hal 23
Cassette Learning by Doing
Picture Cards Learning by Doing
Crayon, pensil warna dan spidol
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Cassette
Crayon, pensil warna dan spidol
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi : Dapat menyebutkan benda – benda yang terdapat dalam rumah
serta memahami pemakaian kata deoan ( preposition ) dalam kalimat sederhana
I. Kompetensi Dasar : Mampu mendeskripsikan benda – benda dalam rumah dan
Bertanyajawab dengan menggunakan preposition
II. Indikator :
Dapat mengetahui kosa kata baru yaitu benda – benda di dalam rumah
Dapat memahami pemakaian preposition dalam kalimat sederhana
Dapat bertanyajawab dengan menggunakan preposition
Dapat mengidentifikasi benda – benda dalam rumah
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat Mengetahui kosa kata baru mengenai
benda – benda yang ada di dalam rumah dan memahami
pemakaian preposition dalam kalimat sederhana dan mampu
melakukan tanya jawab
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Benda – benda di ruang tamu
Benda – benda di ruang makan
Benda – benda di ruang tidur
Benda – benda di ruang dapur
Benda – benda di kamar mandi
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab
diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
Siswa menyimak dan menirukan
Siswa melakukan percakapan sederhana
Siswa membaca teks sederhana
Siswa membaca nyaring
Siswa menjodohkan gambar dan kata
Siswa melengkapi dan menulis kata
Siswa memilih benar – dan salah
Siswa bermain tebak gambar
c. Kegiatan Akhir
Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
Memberikan latihan di rumah
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 3 hal 41
Picture Cards Learning by Doing
VIII. Penilaian
Teknik :
Tanya jawab
Bentuk :
1. Lisan
2. Tulisan
Instrumen :
Picture Cards
Minggu, 24 Mei 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar