Minggu, 24 Mei 2009

rpp b. inggris kls 1-3

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 40 menit

Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10

I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menan yakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 ,2 dan 3

II. Indikator :

 Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar

 Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa

 Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 , 2 dan 3

III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka
1 ,2 dan 3

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Kalimat menyapa dan mengenal angka 1 ,2 dan 3

V. Metode Pembelajaran : tanya jawab, diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk

b. Kegiatan Inti

 Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
 Siswa mengenal angka 1,2 dan 3
 Siswa melafalkan angka 1,2 dan 3

c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unti 1 hal 1

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10

I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menanyakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6
dan nama - nama warna

II. Indikator :

 Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar

 Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa

 Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6

 Dapat mengetahui nama-nama mainan dan menghubungkannya dengan warna-warna yang telah mereka pelajari

 Dapat menghitung jumlah benda

III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka 1
sampai 6 serta menyebutkan nama-nama mainan dan menghu- bungkannya dengan warna-warna yang telah mereka pelajari

IV. Materi Ajar (Materi Pokok)
 Kalimat menyapa sederhana
 Mengenal angka 1 sampai 6
 Mengenal nama - nama mainan
 Mengenal nama- nama warna

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab,
 diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk

b. Kegiatan Inti

 Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
 Siswa mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 6
 Siswa menyebutkan nama – nama mainan
 Siswa menyebutkan nama-nama warna pada picture cards yang telah mereka pelajari
c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan
 Berdo’a dan mengucapkan salam

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unit 2 hal 17
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan
3. Mewarnai gambar

Instrumen :

Picture Cards
Cassette Learning By Doing

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 1 (satu / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 40 menit

Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa sederhana
serta mengenal angka 1 sampai 10 dan mengidentifikasikan nama –
nama warna dan nama - nama benda

I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan
menanyakan kabar serta mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10
dan menyebutkan nama - nama warna dan benda

II. Indikator :

 Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar

 Dapat melafalkan dan menuliskan kalimat menyapa

 Dapat mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10

 Dapat mengetahui nama-nama benda yang sering mereka temui disekitarnya

 Dapat mengetahui nama - nama warna, menunjukan, melafalkan dan menuliskannya
dengan benar

 Dapat bermain tebak warna menggunakan kartu gambar ( Picture Cards )

III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka 1
sampai 10 serta menyebutkan nama - nama benda yang sering
mereka temui disekitarnya

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Kalimat menyapa dan mengenal angka 1 sampai 10
 Nama - nama warna dan nama - nama benda yang sering mereka temui disekitar

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi




VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti

 Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
 Siswa mengenal dan melafalkan angka 1 sampai 10
 Siswa mewarnai gambar sesuai perintah
 Siswa menjodohkan gambar dengan warna
 Tebak gambar dan warna menggunakan Picture Cards

c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 1 unit 3 hal 31
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards
Cassette




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 40 menit

Standar Kompetensi : Dapat melafalkan dan menuliskan nama-nama makanan dan minuman
serta menyebutkan angka 13 sampai 20 dan mengerjakan soal
aritmetika sederhana
I. Kompetensi Dasar : Mengungkapkan secara komunikatif ucapan salam dan ÿÿ ÿÿ
dapat menyebutkan kata - kata baru yang berhubungan dengan tema
serta membaca kalimat sederhana
II. Indikator :
 Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar
 Dapat melengkapi kalimat
 Dapat membaca kalimat sederhana
 Dapat mengetahui nama-nama benda yang sering mereka temui disekitarnya
 Dapat menyebutkan kata-kata baru yang berhubungan dengan tema
 Dapat melengkapi kalimat dalam bentuk Simple Present Tense
 Dapat menyebutkan angka 13 sampai 20
 Dapat mengerjakan soal aritmatika
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat saling mengucapkan salam dan kabar
secara sederhana dan mampu melafalkan dan menuliskan angka
13 sampai 20 serta melengkapi kalimat dalam bentuk simple
present tense

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Sapaan ketika berjumpa
 Nama - nama makanan dan minuman
 Waktu – waktu makan
V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi
VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Memeriksa pekerjaan rumah
b. Kegiatan Inti
 Siswa mendengar dan mengulangi kalimat menyapa sederhana.
 Siswa mengenal , melafalkan dan menuliskan angka 13 sampai 20
 Siswa menjodohkan gambar makanan dengan namanya
 Siswa melengkapi kalimat dengan kata sesuai gambar
 Mewarnai gambar sesuai perintah
 Bernyanyi
c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 1 hal 1
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing

VIII. Penilaian
Teknik :Tanya jawab

Bentuk :1. Lisan; 2. Tulisan

Instrumen :Picture Cards; Cassette


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat bertanya jawab tentang makanan dan minuman kesukaan mereka
Dan mampu membaca teks sederhana

I. Kompetensi Dasar : Menceritakan kebiasaan makan dan minum pada waktu tertentu
Serta mampu melakukan tanya jawab

II. Indikator :

 Dapat membaca tehs sederhana

 Bertanyajawab tentang makan dan minuman kesukaan mereka

 Dapat mewarnai gambar berdasarkan teks yang tersedia

 Dapat menjelaskan teks yang berhubungan dengan warna

 Dapat menjodohkan pertanyaan dengan jawaban

 Dapat menuliskan alfabet


III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat bertanya jawab tentang makanan dan
minuman kesukaan mereka serta menjelaskan teks yang
berhubungan dengan warna

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Warna dan nama pakaian
 Nama makanan dan minuman
 Pernyataan pendek dengan kata bantu
 Menyatakan kepemilikan

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
 Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
 Mengabsen siswa yang masuk
 Memeriksa pekerjaan rumah

b. Kegiatan Inti

 Siswa menyimak dan menirukan
 Siswa menceritakan kebiasaan makan dan minum pada waktu tertentu
 Siswa menjodohkan gambar makanan dengan namanya
 Siswa melengkapi kalimat dengan kata sesuai gambar
 Mewarnai gambar sesuai perintah

c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam


VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 2 hal 25
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing
 Crayon, pensil gambar dan spidol


VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards
Cassette
Krayon, pensil warna, spidol






































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat menyebutkan nama – nama binatang peliharaan dan
menyanyikan lagu yang berhubungan dengan tema


I. Kompetensi Dasar : Menyebutkan dan menuliskan nama – nama binatang peliharaan
dan menjawab pertanyaan sederhana

II. Indikator :

 Dapat melengkapi kalimat

 Dapat menyebutkan dan menuliskan nama – nama binatang peliharaan

 Dapat mewarnai gambar binatang

 Dapat menyanyikan lagu yang berhubungan dengan tema

 Dapat menjodohkan gambar binatang dengan gambar kandangnya

 Dapat menyelesaikan teka – teki kata


III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat menyebutkan nama – nama binatang
peliharaan dan menjawab pertanyaan sederhana

IV. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
 Warna – warna binatang peliharaan
 Nama - nama kandang binatang peliharaan
 Melafalkan angka 21 sampai 30

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
 Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
 Mengabsen siswa yang masuk
 Memeriksa pekerjaan rumah

b. Kegiatan Inti

 Siswa melengkapi kalimat
 Siswa menyimak dan menirukan
 Siswa menuliskan kata – kata dan angka
 Siswa membaca keras
 Siswa menjodohkan latihan soal
 Siswa memilih jawaban dengan member tanda ( )
c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam


VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 2 unit 3 hal 37
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing
 Crayon, pensil gambar dan spidol

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards
Cassette
Krayon, pensil warna, spidol










































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat mengenal dan menyebutkan nama – nama tempat umum
serta menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana


I. Kompetensi Dasar : Menyebutkan tempat – tempat umum dan menggunakan kata sifat
Serta mampu menyebutkan panggilan untuk anggota keluarga

II. Indikator :

 Dapat saling mengucapkan salam dan menanyakan kabar

 Dapat menyebutkan nama – nama binatang

 Dapat menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana

 Dapat menyebutkan panggilan untuk anggota keluarga

 Dapat mengenal angka 20 sampai dengan 100

 Dapat mengurutkan gambar kegiatan dan angka

III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat mengenal tempat – tempat umum dan
menggunakan kata sifat dalam kalimat sederhana serta
melafalkan angka 20 sampai 100.

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Ragam tempat – tempat umum 1
 Nama - nama binatang di Kebun Binatang
 Kata sifat Big, Small, Old dan young
 Teks nama anggota keluarga
 Angka puluhan

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal

 Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
 Mengabsen siswa yang masuk
 Memeriksa pekerjaan rumah

b. Kegiatan Inti

 Siswa melengkapi kalimat sederhana
 Siswa menyimak dan menirukan
 Siswa mengeja
 Siswa membaca nyaring
 Siswa menjodohkan gambar dan kata
 Siswa menyusun gambar dan angka
 Siswa bernyanyi sesuai tema

c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam

VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 1 hal 1
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards
Cassette












































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat mengucapkan kata selamat kepada temannya pada hari – hari
spesial serta dapat bertanya jawab mengenai nama–nama tempat umum

I. Kompetensi Dasar : Mampu mendeskripsikan mengenai hari – hari spesial

II. Indikator :

 Dapat mengucapkan ucapan selamat ualng tahun pada temannya

 Dapat memahami teks mengenai special Days

 Dapat mengenal kata – kata benda yang berhubungan dengan pesta ulang tahun

 Dapat mengucapkan ucapan selamat hari raya pada temannya

 Dapat bertanya jawab mengenai nama – nama tempat


III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat memahami teks mengenai special
days dan mengenal kata benda yang berhubungan dengan
pesta ulang tahun serta melakukan tanya jawab mengenai
nama – nama tempat


IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Acara ulang tahun
 Nama benda untuk ulang tahun
 Lagu Happy Birthday
 Nama hari besar dan tempat ibadah
 Nama – nama tempat umum 2

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
 Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
 Mengabsen siswa yang masuk
 Memeriksa pekerjaan rumah

b. Kegiatan Inti

 Siswa menyimak dan menirukan
 Siswa melakukan percakapan sederhana
 Siswa membaca teks sederhana
 Siswa membaca nyaring
 Siswa menjodohkan gambar dan kata
 Siswa melengkapi dan menulis kata
 Siswa bernyanyi sesuai tema
 Siswa mewarnai gambar

c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam

VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 2 hal 23
 Cassette Learning by Doing
 Picture Cards Learning by Doing
 Crayon, pensil warna dan spidol

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards
Cassette
Crayon, pensil warna dan spidol








































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi : Dapat menyebutkan benda – benda yang terdapat dalam rumah
serta memahami pemakaian kata deoan ( preposition ) dalam kalimat sederhana

I. Kompetensi Dasar : Mampu mendeskripsikan benda – benda dalam rumah dan
Bertanyajawab dengan menggunakan preposition

II. Indikator :

 Dapat mengetahui kosa kata baru yaitu benda – benda di dalam rumah

 Dapat memahami pemakaian preposition dalam kalimat sederhana

 Dapat bertanyajawab dengan menggunakan preposition

 Dapat mengidentifikasi benda – benda dalam rumah


III. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan dapat Mengetahui kosa kata baru mengenai
benda – benda yang ada di dalam rumah dan memahami
pemakaian preposition dalam kalimat sederhana dan mampu
melakukan tanya jawab

IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
 Benda – benda di ruang tamu
 Benda – benda di ruang makan
 Benda – benda di ruang tidur
 Benda – benda di ruang dapur
 Benda – benda di kamar mandi

V. Metode Pembelajaran :
 tanya jawab
 diskusi

VI. Langkah - Langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal
 Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
 Mengabsen siswa yang masuk
 Memeriksa pekerjaan rumah

b. Kegiatan Inti
 Siswa menyimak dan menirukan
 Siswa melakukan percakapan sederhana
 Siswa membaca teks sederhana
 Siswa membaca nyaring
 Siswa menjodohkan gambar dan kata
 Siswa melengkapi dan menulis kata
 Siswa memilih benar – dan salah
 Siswa bermain tebak gambar
c. Kegiatan Akhir
 Memberikan latihan sesuai materi yang diajarkan
 Memberikan latihan di rumah
 Berdo’a dan mengucapkan salam


VII. Alat/ Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Pelajaran Learning by Doing kelas 3 unit 3 hal 41
 Picture Cards Learning by Doing

VIII. Penilaian

Teknik :

Tanya jawab

Bentuk :

1. Lisan
2. Tulisan

Instrumen :

Picture Cards

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar